Filosofi

Kemampuan Anda Beradaptasi, Era Gelombang Perubahan

Kamis, 3 Februari 2022, 08:57 WIB
Dibaca 616
Kemampuan Anda Beradaptasi, Era Gelombang Perubahan
Canva: Adaptasi

Hidup ini seperti menari. Jika Kita memiliki lantai yang besar, banyak orang yang akan ikut menari. Beberapa akan marah ketika ritme berubah. Tetapi hidup berubah sepanjang waktu. - Miguel Angel Ruiz

Kemampuan Anda beradaptasi. Ada yang mengatakan jika Anda tidak mampu beradaptasi, ada kalah. Begitu ungkapan yang pernah saya dengar dari seorang teman. Dalam diskusi siang itu, saya coba membuka obrolan agak serius, tentang kemampuan diri beradaptasi.

Saya ambil contoh nyata tentang beradaptasi, terlihat ketika Pandemi Covid-19 yang luas dan masif mempengaruhi kehidupan normal sehari-hari kita (Bahkan diseluruh Dunia) dalam proses berkomunikasi.

Sebelum Covid-19, kita berkomunikasi tanpa masker, hal itu biasa. Tetapi ketika ada Covid-19. Kita di pasa mengenakan masker, dengan alasan kesehatan. Banyak yang tidak biasa, dan tidak dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut. Begitu juga dengan interkasi fisik dan tatap muka berganti dengan metode daring, dari karyawan perusahaan, pegawai, sekolah, kuliah, bekerja dari rumah dengan memanfaatkan aplikasi vidio conference zoom, Microsoft team, atau Google Meet.

Menurut sebuah survei vidio conference di pandang sebagai salah satu media komunikasi paling kaya, nomor dua setelah komunikasi tatap muka. 

Seketika begitu cepat Sumber Daya Manusia (SDM) harus beradaptasi pada perubahan tersebut.

Kemampuan beradaptasi ini berbicara tentang fleksibilitas, beradaptasi, dan cekatan dengan banyak sumber daya serta kreativitas diri kita merespon secara efektif tantangan dan dapat meraih peluang-peluang baru.


Hamat saya, Wabah Covid-19 menjadi pemicu kemampuan untuk beradaptasi. Itu artinya kemampuan beradaptasi sangat-sangat penting sekarang daripada sebelumnya. Mengapa kita harus mampu beradaptasi? Karena sekarang hal-hal didepan mata kita berubah dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari sebelumnya. Akhirnya, perubahan itu selalu ada didekat kita dan konstan.

***