Budaya

Kamus Bahasa Suku AGABAG

Senin, 28 Juni 2021, 17:21 WIB
Dibaca 115
Kamus Bahasa Suku AGABAG
Bahasa Suku AGABAG

Judul               : KAMUS BAHASA AGABAG DICTIONARY

Penyusun         : Masyarakat AGABAG

Penerbit           : FORMACS PROJECT

Halaman         : iv + 283

ISBN               : 979-99627-0-6         

 

Bahasa AGABAG? Bahasa apa pula itu? Apakah itu bahasa yang dipakai oleh salah satu suku di pedalaman Afrika? Bukan! Bahasa Agabag adalah bahasa yang dipakai oleh suku Agabag. Suku Agabag tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Mereka tinggal di sepanjang Sungai Sembakung, Sungai Tulid dan Sungai Tikung. Kehidupan Suku Agabag masih sangat tergantung pada hutan dengan sedikit kerja pertanian.

Kamus AGABAG disusun sebagai upaya proyek FORMACS (Forest Resources Management for Carbon Sequestration) yang dipelopori oleh CARE International Indonesia CIDA dan Yayasan Selamatkan Teluk Balikpapan. Harapannya, dengan diketahuinya padanan kata dalam bahasa AGABAG dengan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, maka para pengembang program bisa me-lokal-kan istilah-istilah kehutanan sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh orang local.

Kamus Bahasa Agabag disusun secara partisipatif dengan melibatkan penduduk local. Ada delapan penduduk local yang menjadi tim penyusun. Tim penyusun local ini didampingi oleh tim proyek dalam menyusun kamus.

Karena suku Agabag memiliki tiga sub-suku (berdasarkan anak sungai), maka kamus inipun disusun dengan memasukkan entri dialek yang dipakai oleh ketiga sub suku tersebut. Ketiga sub-suku tersebut adalah Sembakung, (dalam kamus ini disingkat Se), Tulid (Tu) dan Tikung (Ti).

Patut disampaikan apresiasi yang luar biasa dari upaya penyusunan kamus ini. Galamot.