Budaya

Cara Mudah Ketahui Followers IG Asli atau Hasil Beli

Jumat, 24 Maret 2023, 21:33 WIB
Dibaca 431
Cara Mudah Ketahui Followers IG Asli atau Hasil Beli
ilustrasi saja

Mau tahu caranya mengetahui follower akun IG seseorang asli atau palsu (hasil beli)? 

Kita sering melihat seseorang yang bukan artis bukan pula tokoh publik tapi jumlah follower-nya selangit. 

Atau kadang kita terkaget-kaget karena jumlah follower seseorang tak sesuai dengan profilnya. 

Mudah sebenarnya mengetahui apakah followers akun-akun itu asli atau palsu. Asli berarti akun pengikut benar-benar orang. Bukan robot. Bukan pula akun kloningan. Nah yang palsu adalah akun pengikut hasil beli dari agen-agen penyedia jasa tambah follower.

Para ahli media sosial menghitung dengan cermat rumus antara jumlah pengikut dan aktivitas dalam media sosial. Seperti like, comment, dan share. Hasilnya, muncul angka tertentu sebagai rata-rata untuk setiap aktivitas itu, sesuai dengan jumlah followersnya.

Misal, kl jumlah followernya 1.000 lalu jumlah likenya rata-rata 40-60, berarti pengikutnya akun asli. Engage antara pemilik akun dengan pengikutnya cukup kuat. Apalagi kalau setiap postingannya selalu di atas 100 likes. 

Tapi kalau jumlah followernya 10.000 atau lebih, sementara yang like rata2 hanya di bawah 100, maka wajib dicurigai. Akun followernya abal-abal alias hasil beli.

Apalagi yang dengan bangganya memajang jumlah follower sampai di atas 100 ribu. Eh jumlah like postingannya cuma 100 atau 200. Jarang-jarang sampai 3000 like. Sudah pasti, dia beli followers.

Mudah bukan mengetahui follower suatu akun IG asli atau palsu?