Budaya

Unik, Bunga Rafflesia Mekar di Hutan Tang Payeh, Krayan Barat

Minggu, 21 Februari 2021, 14:53 WIB
Dibaca 539
Unik, Bunga Rafflesia Mekar di Hutan Tang Payeh, Krayan Barat
Bunga dan kuncup Rafflesia pricei, Foto Jerry Waryantho

Mekar indah, si bunga dan kuncup Rafflesia pricei yang cantik di tanah Borneo, tepatnya di hutan Desa Tang Payeh, Krayan Barat, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Desa kecil memiliki potensi, yang tak kalah dari daerah-daerah lainnya. Desa Tang Payeh di kelilingi persawahan yang ketika di potret dari atas pesawat atau menggunakan drone menghasilkan pemandangan yang indah dan eksotis. Kebanyakan orang asli yang tinggal di sini Dayak Lundayeh. Tak jauh dari rumah, kita bisanya melihat hijaunya pepohonan yang masih terjaga dan terawat.

Pagi ini teman saya, Jerry Waryantho memposting di media sosial facebooknya tepat hari Sabtu, (20/2/21) berpasan dengan bunga Rafflesia pricei di hutan saat itu. Tak mau momen itu terlewat, ia mengabadikan lewat gawai yang ia bawa saat itu. Bagi saya, kesempatan seperti ini jarang sekali kita jumpai.

Saya sediri, walaupun orang asli Krayan, belum pernah berpasan dengan momen seberuntung ini. Saat teman saya memposting foto ini, saya langsung tertarik mengulasnya kedalam tulisan pagi ini.

"Tak jauh dari perumahan penduduk kita bisa sampai ke lokasi tanaman tersebut, tidak sampai satu jam asal jalan cepat, kuat mendaki gunung bisa sampai di lokasi." kata Jerry, ketika saya menanyakan berapa waktu yang ditempun untuk sampai di loksi tanaman Rafflesia. 

Waktu menjumpai tanaman  itu Jerry tak sendiri, ia bersama dengan enam rekannya yang sedang pergi berburu (Dalam bahasa Lundayeh 'Nganop'). Ia juga mengungkapkan, "Tanaman Rafflesia ini tumbuh di beberapat tempat yang terpisah, di beberapa perbatasan daerah sekitar Krayan." ungkap Jerry

Baca Juga: Apai Janggut dan Tato Bunga Terong Orang Iban

Nah, untuk berjumpa dan mengabadikan momen langka ini ada waktu-waktu tertentu Rafflesia pricei akan tumbuh dan bermekaran dengan sempurna. Seperti yang ada pada foto tersebut, hanya beberapa masyarakat saja yang mengetahui atau berpasan keberadaannya.

Krayan ibarat surga alam yang menyediakan keanekaragaman, tak heran jika kesini mata kita akan dimanjakan dengan tumbuhan-tumbuhan kernivora, bunga-bunga dan pepohonan yang ragam macamnya.

Inilah, kekayaan alam yang harus terus-menerus dijaga dan dilindungi.

***