YTP Rayeh

Orang Pontianak Paling Banyak Baca YTPRayeh.com

Jumat, 12 Februari 2021, 19:30 WIB
Dibaca 427
Orang Pontianak Paling Banyak Baca YTPRayeh.com
ytprayeh.com

Dodi Mawardi

Penulis senior

 

Hari ini, 12 Februari tepat satu bulan ytprayeh.com mengudara. Izinkan saya menggunakan istilah mengudara, yang biasa dipakai sebagai istilah tayang untuk media eletronik radio siaran. Ytprayeh.com memang mengudara ke angkasa luas seantero dunia. Ciri khas media daring yang tidak dimiliki oleh media konvensional.

Catatan kami menunjukkan bahwa media warga ini berhasil menarik perhatian masyarakat, khususnya warga Kalimantan. Tanpaknya, orang Kalimantan memang memerlukan media sebagai sarana mereka menyalurkan aspirasi dan inspirasi. Selama ini, sebagian besar media hanya menjadikan Kalimantan sebagai objek bukan subjek. Ytprayeh, sebagaimana karakter media warga, menjadikan warga Kalimantan sebagai tuan di medianya sendiri. Mereka bukan sekadar objek, melainkan subjek yang sesungguhnya.

 

Tentu saja, Ytprayeh terbuka untuk siapa pun penulis dan dari manapun dengan topik apa pun. Yang penting, isi tulisan bernilai positif, bermanfaat, memberdayakan, dan lebih disukai lagi memiliki semangat kebangsaan.

Animo penulis dan pengunjung yang berasal dari Kalimantan memang tinggi, baik dari Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur, maupun Utara. Bahkan, mereka yang punya keterkaitan psikologis dan emosional dengan Kalimantan juga ikut berpartisipasi sebagai bagian dari Ytprayeh. Data-data yang kami catat menggambarkan fenomena tersebut.

---------------------------------

Jumlah pengunjung pada bulan Januari 2021 – 10.800 orang.

Jumlah pengunjung pada bulan Februari (sampai 11 Februari 2021) – 6.800 orang.

Total pengunjung selama satu bulan ytprayeh mengudara sebanyak 17.600 orang.

---------------------------------

Sebagai media baru, angka pengunjung tersebut membersitkan harapan besar bagi kami para pengelola. Bukan hal mudah menarik perhatian khalayak untuk berkunjung ke suatu website. Perlu promosi dan publikasi yang gencar dengan biaya besar pula. Sedangkan kami, untuk saat ini lebih banyak menggunakan jaringan medsos orisinal. Kami beruntung, orang Indonesia termasuk warga Kalimantan sangat haus literasi. Terima kasih buat Anda semua.

Isi tulisan memang lebih banyak segala hal tentang Kalimantan (ke-Borneo-an), terutama menyangkut suku Dayak dan kearifan lokalnya. Topik tentang Kalimantan mencapai 70%. Angka ini sesuai dengan prediksi kami, dan pas dengan visi Ytprayeh menjadikan Kalimantan sebagai basis pergerakan literasi nasional. Dari Kalimantan untuk Indonesia.

Baca Juga: Anda Kesulitan Membuat Akun YTPRayeh.com? Ini Caranya

Data itu juga diperkuat oleh asal daerah pengunjung dan penulis. Ternyata, orang Kalimantan Baratlah yang paling banyak menulis dan membaca di Ytprayeh. Jumlahnya mencapai 30%. Persentase yang sangat signifikan. Disusul oleh warga Kalimantan Tengah, DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta Kalimantan Timur dan Utara.

 

Pontianak menjadi asal kota terbanyak pengunjung, disusul Jakarta, Palangkaraya, Makassar, Samarinda, Depok, Tarakan dan lainnya. Mereka yang tinggal di mancanegara pun tak ketinggalan mengikuti perkembangan informasi dan literasi di Ytprayeh. Mereka berasal dari Malaysia, Amerika Serikat, Belanda, Ausralia, negara-negara Asia dan Eropa lainnya.

Sebagai media warga, ytprayeh memerlukan sebanyak mungkin penulis. Sampai 12 Februari ini tercatat sudah 161 orang menjadi penulis atau calon penulis (memiliki akun). Idealnya, kami memiliki minimal 100 penulis aktif pada tahun pertama, dan kemudian menjadi media warga mapan dengan jumlah minimal 600 penulis aktif.  Terima kasih buat Anda yang sudah mengirimkan tulisan. Kami tunggu tulisan Anda lainnya, dan ajaklah rekan, sahabat, atau kerabat Anda untuk menulis di Ytprayeh.com.

Yuk, kita majukan literasi nusantara.

Dari Kalimantan untuk Indonesia.

***