Hobi

Menjadi Mahasiswa [4] Cara Efektif Mengembangkan Diri

Jumat, 17 Maret 2023, 22:57 WIB
Dibaca 311
Menjadi Mahasiswa [4] Cara Efektif Mengembangkan Diri
Membangkitkan Semangat Mudamu

Dalam buku, Your Road Map For Success, penulis Johon C. Maxwell menulis, " Pengembangan diri menuntut perubahan dan beberapa orang enggan berubah. Padahal kita tidak mungkin bisa mengembangkan diri jika tidak mau berubah. " Hampir semua orang setuju bahwa pengembangan diri merupakan hal yang sangat baik, akan tetapi hanya sedikit pribadi yang berkomitmen diri terhadap proses ini.

Adalah hal yang biasa ketika kita merasa memiliki keterbatasan dalam bidang tertentu. Ada yang merasa tidak mampu memecahkan persoalan dengan pendekatan analisis, ada pula yang takut untuk berbicara di depan publik, ada yang memiliki ketakutan berpergian sendirian, ada yang takut untuk berbicara bahasa asing. Ada pula calon penulis pemula yang masih malu-malu menjadi penulis hebat. Dalam konteks ini, pengembangan diri adalah pilihan.

Jika diri kita enggan ikut berubah, kita tidak akan pernah mengalami pertumbuhan. Tumbuhan saja bisa mengalami pertumbuhan. Jika tidak ada pertumbuhan, tidak ada kehidupan yang terpancar dari tumbuhan tersebut. Namun, ketika kita fokus pada pengembangan diri, maka banyak pertumbuhan yang kita temukan. Dalam hal ini, pengembangan diri menuntut kita segera meninggalkan zona nyaman untuk sementara waktu.

Terkadang, rasa takut dan khwatir sering membelenggu kita melangkah lebih maju. Terkadang terpaksa kita menyerah melakukan sesuatu, karena membayangkan akan keterbatasan kita merasa pasti gagal. Mengambil langkah dan mulai afirmasi perkataan dalam segala tindakan kita.

Seorang sahabat pernah berkata begini, " Ketika kita fokus mengembangkan diri, kita menyadari bahwa kesehatan mental sangat penting." Ketika kita percaya atas kemampuan dalam diri kita, akan lebih mudah kita untuk melakukan sesuatu yang baru dan menaruh semua energi dalam hal tersebut.

Memang, tidak ada yang mudah di dunia ini, tetapi bukan berarti yang sulit itu tidak mungkin untuk diraih, butuh keputusan untuk mengambil langkah. Kita perlu untuk terus berusaha melampaui batas yang membelenggu kita. Kemudian, kita juga perlu bertumbuh menjadi kuat untuk menarik potensi diri kita. Lebih dari itu, kita perlu mengasah krativitas, inovasi, dan kerja cerdas. Oleh karena itu, lakukan apapun yang kita bisa, dimanapun kita dipanggil untuk membawa dampak.

***