Hobi

Wisata Krayan Buduk Udan

Senin, 15 Mei 2023, 21:36 WIB
Dibaca 300
Wisata Krayan Buduk Udan
Sumber:Gidion

Hei kamu yang sekarang lagi jenuh dengan segala rutinitasmu, coba deh sekali-kali liburan dulu.


Siapa nih yang suka liburan? Saya yakin setelah melewati banyak hal dalam kehidupan, baik dalam sekolah ataupun bekerja, kita semua pasti merindukan yang namanya liburan atau sebutan milenialnya “healing”. Liburan membuat kita merasa kembali segar dalam menjalani rutinitas kita. Namun ada banyak orang yang kadangkala tidak tahu harus liburan kemana? Ke tempat seperti apa? Dan bahkan hanya karena kurang tahu maka memilih di rumah saja. Padahal ada banyak tempat wisata yang bahkan cantik sekali untuk didatangi.
Berbicara tentang destinasi wisata, ada banyak tempat yang menarik untuk didatangi. Seperti pantai, hutan dan gunung.


Jika anda salah satu orang yang menyukai hal yang berkaitan dengan alam. Yuk saya sarankan anda untuk datang ke tempat yang satu ini. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Krayan Barat Kalimantan Utara tepatnya dilokasi Tang Payeh yaitu Buduk Udan.


Buduk Udan merupakan puncak yang memiliki ketinggian 1.475 MDPL. Waktu tempuh untuk mencapai puncak hanya butuh sekitar kurang lebih dua jam. Puncak Buduk Udan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menarik. Saat berada dipuncak Buduk Udan, kita dapat menikmati pemandangan sawah dan ladang serta lokasi kecil disekitar Tang Payeh seperti: Berian Baru, Tanjung Karya, Lembudud, Long Kiwan dan Long Bawan.


Pada siang hari pemandangan hijau membentang, pada malam hari kerlap-kerlip lampu desa, sungguh mempesona apalagi ditemani dengan secangkir kopi. Di puncak kamu akan merasakan udara sejuk walaupun ditengah terik matahari. Penasaran bukan siang bolong tapi sejuk?


Buduk Udan Juga masuk dalam Taman Nasional Kayan Mentarang karena ditemukan jenis tanaman langka yaitu Rafflesia Pricei pada tahun 2017. Buduk Udan sudah menjadi tempat wisata lokal sejak lama, namun baru diresmikan pada tanggal 4 November 2021 oleh DPRD Propinsi Kalimantan Utara Bapak Yakub Palung.

Jika kamu tertarik untuk mendaki Buduk Udan maka kamu hanya perlu menyediakan makanan, alat tidur, dan pakaianmu. Di Buduk Udan sudah tersedia pondok kecil untuk beristirahat, alat masak dan bahkan ada sumber air untuk mandi disana.


Tunggu apalagi? Ayo liburan dulu karena hidup ini harus dinikmati. Uhuuyy..

#budukudan #krayanbarat