Sosok

Terimakasih, Pak Yansen Tipa Padan

Sabtu, 27 Maret 2021, 07:31 WIB
Dibaca 190
Terimakasih, Pak Yansen Tipa Padan

Sebagai alumni lembaga ketahanan nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) tahun 2007 dan alumni Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia tahun 2017, juga sebagai kader Demokrat sejak tahun 2003, saya melihat semua dinamika yang berproses selama ini hingga hari ini. Kemudian memunculkan niat dan spirit kuat membangun karakter yang memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar selain diri sendiri.

Oleh karena itu sebagai pribadi, saya mengambil peran terdepan bagi sebuah perjuangan dan menjadikan peluang yang mampu menorehkan karya dengan cara berbeda, selain mencerahkan juga menginspirasi. 

Akhirnya diputuskan membuat sebuah tulisan yang awalnya memang tidak mudah, walau secara umum senang membaca tapi khawatir jika tulisan tersebut kurang tepat dirasakan oleh pembaca.

Di sisi lain kendala ini menjadikan semakin tertantang dan yakin untuk memulai menulis topik apa saja yang berseliweran di pikiran yang menjadi persoalan bangsa. Karena memiliki latar belakang bidang ilmu mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan (Ipoleksosbudhankam) maka fokus saya pada isu-isu umum yang menjadi dinamika dalam kehidupan berbangsa. Sangat konsen pada upaya berpikir preventif atau pencegahan agar bisa menghindari sesuatu yang mengganggu dan merugikan serta membahayakan. 

Secara umum setiap tulisan yang dibuat memiliki spirit berpikir dan bertindak berdasarkan rasa nasionalisme atau kebangsaan. Dalam hal ini mengajak seluruh anak bangsa membangun pola pikir nasionalisme sebagai dasar berpikir, bertindak, dalam membuat kebijakan/keputusan.

Hal tersebut dimaksudkan dan ditujukan bahwa kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok di bawah kepentingan yang lebih luas. Karena jika kepentingan yang lebih luas terwujud, maka kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi otomatis terakomodir, tetapi jika kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi terwujud hanya bisa dirasakan dan dinikmati oleh kelompok atau pribadi itu saja, begitu mulianya jika kepentingan nasional menjadi tujuan utama dari setiap pilihan dalam keputusan. 

Namun sudah hampir ratusan judul tulisan yang dibuat seperti belum menghasilkan manfaat dalam arti belum ada orang yang respek dengan tulisan yang memiliki kekuatan moral yang stabil tersebut, walau banyak yang memuji dan mendukung dalam bentuk verbal seperti greetings.

Hingga suatu hari seseorang menyapa saya untuk bergabung pada media yang ia bina, yang selama ini telah banyak mendukung kemenangan partai Demokrat bahkan untuk kemenangan beliau dalam pilkada, yaitu YTPrayeh.com. Beliaulah yang bernama Bapak Yansen Tipa Padan, yang saat ini sebagai wakil gubernur Kalimantan Utara, selain sebagai wakil ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Demokrat juga sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai Demokrat di Kalimantan Utara.

Menawarkan untuk menyatukan spirit dalam perjuangan yang sama yaitu spirit kebangsaan sehingga gayungpun bersambut dan match dalam kekuatan tersebut. Karena ruang berkarya semakin luas dibutuhkan terus produktif menulis agar terus tersosialisasi dan terpublish untuk memberi kehangatan dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar terbentuk karakter sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang handal mumpuni.

Semoga spirit ini terus menulari lingkungan lebih luas, hanya dengan pola pikir yang seragam akan lebih mudah mewujudkan kehendak bersama sebagai cita-cita bangsa Indonesia.

Terimakasih pak Yansen Tipa Padan atas perhatian dan kepeduliannya terhadap sesama kader partai Demokrat dan sebagai sesama anak bangsa untuk saling mensupport. Fungsi pembinaan sangat dibutuhkan bagi kemajuan SDM Indonesia.

Semoga ketokohan pak Yansen di Kalimantan Utara terus memberi perubahan ke arah kemajuan bagi provinsi termuda di Indonesia dan lingkungan lebih luas.

***