Sosok

AHY Semarakkan Ruang Akademik Nasional

Kamis, 18 November 2021, 14:05 WIB
Dibaca 106
AHY Semarakkan Ruang Akademik Nasional
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Kompas.com)

Sebagai bentuk muhasabah penting ditanyakan pada diri sendiri, untuk apa sejatinya hidup, apakah ingin melanjutkan hidup, apakah hanya hidup yang sekedarnya saja atau hidup yang penuh makna? Untuk hidup bermakna upaya keras apa yang dilakukan untuk memenuhi peran esensil tersebut.

Pentingnya setiap orang memiliki cita-cita, visi dan misi serta tujuan yang jelas dalam hidupnya agar membangkitkan spirit besar untuk melangkah maju ke tujuan dengan berani berpikir, dengan mengeksplorasi banyak hal juga literasi namun saat bertindak harus hati-hati. Dengan demikian memunculkan mimpi atau harapan yang menakjubkan yang lebih berguna di masa depan.

Begitu juga dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seorang pemimpin muda yang saat ini juga adalah ketua umum partai Demokrat, salah satu partai nasional terbesar di Indonesia, telah menetapkan sebuah tujuan hidupnya dengan penuh makna. Salah satu cara yang dipilih dengan meningkatkan kualitas pendidikan formalnya. Dengan bekal tiga Strata 2 yaitu MSc, MPA dan MA saat ini sedang melanjutkan studi Strata 3 di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur dengan program studi Sumber Daya Manusia (SDM).

Sadar bahwa untuk mendukung kualitas kehidupan manusia dalam lingkup sosial berbangsa bernegara kata kuncinya ada pada kualitas SDM sebagai subjek maupun objek dari pembangunan nasional. Untuk itu memilih berfokus pada bagaimana kualitas SDM Indonesia mampu mengubah masalah menjadi peluang.

Jika model ini terwujud baik, tidak sulit menjalani kehidupan bersama di ruang yang lebih luas karena setiap pribadi telah tertanam konsep pikir bahwa gangguan, ancaman, hambatan yang muncul adalah tantangan yang dengan hati terbuka mau dan bisa dihadapi dan disikapi secara tepat dan bijak. Tidak berlama-lama pada masalahnya yang menghabiskan energi dan waktu percuma, tentu sangat disayangkan.

Kehadiran AHY dalam ruang akademik nasional menambah gairah baru bagi ruang pendidikan nasional Indonesia, menjadi lebih bersemangat dan tertantang untuk lebih fokus dalam menyelesaikan studi bagi mahasiswa/i (tidak bermalas-malas) karena akan semakin tidak efisien dan menyulitkan diri sendiri serta orangtua.

Bahkan seorang pemimpin muda bangsa saja masih mau peduli untuk meningkatkan cakrawala berpikir di ruang formal akademik.

Seorang pemimpin memiliki tanggung jawab besar dalam mengendalikan lingkungan sosial, bagaimana dapat menggerakkan, mengarahkan dan mengendalikan seluruh anggota yang dipimpinnya dengan efektif, pemberian reward dan punishment yang harus menjadi Standart Operation System (SOP) untuk diterapkan agar semakin termotivasi seluruh anggota mau melakukan hal terbaik otomatis roda organisasi berjalan lancar.

Dengan mengkayakan ilmu pengetahuan membentuk karakter diri semakin matang, dan memberikan banyak alternatif solusi yang dibutuhkan dalam meyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi. Dapat bertindak lebih adil dengan tidak menimbulkan masalah baru karena telah menimbangnya dari banyak faktor.

Pendidikan paripurna juga memberi kepuasaan tersendiri, sebagai individu semakin percaya diri, sebagai bentuk eksistensi diri. Modal dasar yang baik sangat diperlukan sebagai dasar dalam menjalani rutinitas pada skala giat nasional yang berhadapan dengan semua kalangan dan dapat terus stabil. Tidak takut dengan keruwetan-keruwetan dan kekacauan-kekacauan yang terjadi, siap menghadapi karena itu hanya perubahan pola, tinggal menyesuaikan dan terus mengikuti ritme.

Kerja keras dalam menyelesaikan seluruh proses pendidikan hingga akhir adalah tantangan tersendiri, selain dapat berbagi spirit besar bagi dunia pendidikan nasional yang juga menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya bahwa pentingnya menuntut ilmu berguna untuk menyelamatkan kehidupan manusia itu sendiri. Semoga perjalanan akademik AHY menghadirkan suasana lebih mencerahkan bagi ruang akademik nasional, memberi kekuatan tersendiri bagi seluruh pelajar di Indonesia khususnya para mahasiswa/i di seluruh Perguruan Tinggi di tanah air untuk menumbuhkan semangat dalam menyelesaikan tugas belajar tepat waktu namun tetap dengan kualitas baik.

***