Sosok

Kepemimpinan Tangguh Kuatkan Stabilitas Negara

Selasa, 3 Agustus 2021, 11:01 WIB
Dibaca 73
Kepemimpinan Tangguh Kuatkan Stabilitas Negara
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: tempo.co)

Bercermin dari situasi nasional selama tujuh tahun ini, benar-benar membukakan mata hati kita semua bahwa untuk mengurus negara sebesar Indonesia tidak bisa main-main dan dijalankan oleh sembarang orang. Harus jelas terjamin pasti bahwa seseorang itu adalah pribadi yang mantap dan bisa dihandalkan yang berarti memiliki kekuatan dapat menggerakkan dan mengendalikan orang-orang yang berperan besar dalam mendukung jalannya proses penyelenggaraan negara dengan baik. Karena ada 270 juta jiwa manusia yang harus dijaga keselamatan hidupnya serta terjamin dan berkelanjutan.

Bila berbicara tentang negara, itu adalah proses jangka panjang sehingga bukan semata tujuan yang menjadi sasaran utama tetapi proses menjalani kehidupan berbangsa dengan damai dan harmoni adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Walau dari sisi ekonomi masih belum sepenuhnya baik tetapi hubungan antar anak bangsa dalam lingkup sosial budaya dapat berjalan normal, dengan demikian setiap individu terdukung maksimal dalam beraktivitas dan kreatifitas.

Oleh karena itu seorang pemimpin nasional selain memiliki pandangan positif terhadap situasi nasional juga harus bisa sebagai simbol pemersatu bangsa, sehingga situasi terkendali positif sejak awal kemunculannya. Kondisi demikian memudahkan seorang pemimpin nasional menjalankan seluruh amanah dengan tenang, hati-hati dan bertanggung jawab.

Semua terlihat jelas secara transparansi, karena didukung situasi kondusif maka menghasilkan kepemimpinan yang dipercaya oleh rakyatnya.

Pribadi demikiaan sangat dibutuhkan mengingat perkembangan kehidupan yang terus bergerak maju, semakin dinamis dan seorang pemimpin nasional harus bisa menjadi solusi bagi rakyatnya. Kepemimpinan nasional yang kuat dan kokoh otomatis menciptakan kekondusifan dan terbangun stabilitas negara semakin kuat dan terjaga baik.

Kunci kepemimpinan nasional yang tangguh ada pada pemimpin yang selalu mengutamakan serta mengedepankan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di atas segalanya. Pemimpin yang selalu berpikir dan bertindak secara humanis, makan setelah rakyat kenyang, tidur setelah rakyat nyenyak.

Tiada yang lain di pikirannya kecuali tugas mulia yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Kemampuan menata seluruh kekuatan nasional dengan apik dan teratur sehingga kehidupan nasional menghadirkan situasi lebih positif berdampak terbangunnya ekonomi yang bagus.

Kepemimpinan nasional yang tangguh ciri lainnya adalah pribadi yang telah usai dengan dirinya sendiri, tidak menginginkan dan mengharapkan apapun sebelum seluruh rakyat dapat hidup layak dan terjamin baik.

Laju pertumbuhan penduduk yang cepat juga harus dapat dikendalikan karena salah satu penghambat pembangunan adalah laju pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat. Apa gunanya jumlah rakyat terus bertambah namun tidak mampu mengurusnya dengan baik akibat tidak memiliki ketersediaan daya dukung yang mumpuni dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang diharapkan.

Akhirnya hanya berkejar-kejaran dalam masalah, saat suatu masalah diselesaikan tidak bisa optimal karena pertumbuhan laju penduduk yang cepat juga membutuhkan perhatian khusus.

Kepemimpinan nasional yang tangguh mampu menciptakan ruang kehidupan berbangsa yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan yang menjadi pegangan anak bangsa tanpa harus saling melukai dan menyakiti.

Sudah cukup pergulatan yang melelahkan selama ini terjadi dan dirasakan oleh bangsa Indonesia, sejujurnya malu dilihat oleh dunia internasional jika di internal Indonesia anak bangsa tidak bisa saling menghargai sehingga memunculkan keadaan yang rapuh apalagi ditambah dengan hoax dan fitnah yang selalu memenuhi ruang media sosial.

Saatnya untuk menghentikan dan mulai menjalin hubungan yang hangat dan bersatu sebagai satu bangsa dengan menghormati setiap individu apapun status, jenis kelamin, usia semua harus mendapat hak hidup yang nyaman di ruang publik.

Dengan kepemimpinan handal dan terus berbenah diri, siap menghadapi dinamika dan mampu membangun aura positif bagi ruang nasional, di luar itu tiada lagi masalah yang mengkhawatirkan yang dihadapi selain hanya berfokus menjalani kehidupan berbangsa secara tertib, rapi, dan teratur. Itulah Indonesia sejatinya yang menjadi mimpi selama ini sebagai rumah yang ramah bagi penduduknya. Dalam imajinasi saya, sosok pemimpin tangguh tersebut ada pada kepribadian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pemimpin muda masa depan Indonesia.

***

Tags : sosok,   ahy