Sosok

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Jumat, 5 November 2021, 17:54 WIB
Dibaca 368
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa (Foto: Acéhstandar.com)

Ada dua calon Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang mengakhiri masa tugas sebagai Panglima TNI pada tanggal 7 November 2021. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang lahir pada 21 Desember 1964, lulus akademi militer (akmil) tahun 1987 dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono lahir pada 26 November 1965, lulus akmil tahun 1988.

Namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk calon tunggal yaitu Jenderal Andika Perkasa, selain lebih senior dari KSAL juga pernah sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Joko Widodo tahun 2014.

Mengikuti perkembangan di media sosial (medsos) selama ini, terlihat Jenderal Andika Perkasa sangat aktif dalam mengkampanyekan diri sebagai calon Panglima TNI. Didukung oleh banyak fans, walau kriteria sebagai Panglima TNI murni adalah prestasi dan rekam jejak karir yang baik dari sang calon, namun di era teknologi digital yang berkembang pesat seperti saat ini ternyata memberi keampuhan tersendiri dan efektif dalam mensosialisasikan giat kemanusiaan utama kepada keluarga prajurit TNI.

Perhatian penuh yang terus menerus dilakukan, sebagai pemimpin juga pengayom bagi anggota TNI. Tentu senang mendapatkan perhatian besar dari sang pemimpin. Memberi dampak psikologis yang sangat positif bagi prajurit jadi lebih bersemangat dan semakin kuat dalam menghadapi dinamika utama sebagai prajurit yang menjadi garda terdepan menjaga lingkungan keamanan nasional.

Hal seperti ini sangat bagus terus dibagikan ke medsos dan menjatuhkan rasa simpati siapapun kepada Jenderal Andika Perkasa yang berkomitmen tinggi terus peduli terhadap kemanusiaan, terlihat sempurna sebagai simbol pemimpin yang melindungi.

Semoga bekal tersebut mampu memberi citra positif bagi TNI di mata rakyat Indonesia, plus kinerja yang dirasakan bahwa kehadiran Jenderal TNI Andika Perkasa dapat mengubah wajah TNI lebih dipercaya. Selama ini kinerja TNI sudah cukup tangguh menjaga negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) namun masih perlu pembenahan lebih luas bagi prajurit TNI untuk lebih siap menjalankan amanah besar bangsa dan negara Indonesia.

Tiada yang sempurna, namun seorang pemimpin apalagi seperti Jenderal Andika perkasa sejatinya bisa memberi kekuatan baru yang membuat rakyat lebih tenang.

Dengan latar belakang yang begitu baik selalu didampingi oleh istri tercinta, rasanya sudah komplit untuk mampu menjalankan kepercayaan besar ini secara lebih kokoh.

Semoga semua ketulusan yang dilakukan selama ini khususnya di ruang medsos dapat menjadi dasar dalam menjalankan kepemimpinan sebagai Panglima TNI, harus semakin luas cakupannya bukan semata kesejahteraan prajurit tetapi juga dari hubungan yang saling menguatkan antar sesama prajurit dan prajurit dengan masyarakat.

Semoga Jenderal Andika Perkasa sesuai namanya yang meyakinkan adalah prajurit perkasa yang dapat membawa keamanan, kenyamanan bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

Selamat berjuang, Selamat bertugas, semoga semua lancar hingga dilantik sebagai Panglima TNI yang membanggakan bagi Indonesia.

***