Politik

Spirit Partai Demokrat Terus Terjaga

Kamis, 18 Februari 2021, 06:50 WIB
Dibaca 624
Spirit Partai Demokrat Terus Terjaga
Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: detik.com)

Partai Demokrat adalah salah satu partai besar nasional saat ini, saat baru lahir dulu walau kepengurusan sudah ada di seluruh wilayah Indonesia, namun mesin partai belum sempat bergerak maksimal tapi sudah berhasil mengantarkan seorang putra bangsa sebagai Presiden Republik Indonesia. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah magnet penggerak utama, sehingga jika diibaratkan siapapun kader Demokrat saat itu akan terikut bergerak dan memenangkan perjuangan partai.

Dalam proses perjalanannya kemudian karena semua difokuskan pada tanggung jawab besar pada kepentingan bangsa dan negara, jadilah partai Demokrat terus mengawal negeri sembari terus menata diri di internal. Banyak hal yang dilalui serta hal yang tidak diduga dalam masa pemerintahan SBY, semua menjadi sesuatu yang baru karena SBY sebagai presiden pertama yang dipilih secara demokrasi karena perubahan UU politik otomatis adanya perubahan pola kepemimpinan nasional.

Partai Demokrat yang sejak itu terus menjadi gerbong SBY untuk melanjutkan kepemimpinan di periode berikutnya, lagi-lagi harus memaksa mesin partai bergerak, dapat dibayangkan sebagai partai yang baru lahir melakukan upaya terbaik untuk bisa memenangkan Presiden dan legislatif (Partai Demokrat).

Seiring berjalannya waktu, begitu banyak dinamika yang dihadapi merupakan tantangan tersendiri bagi partai Demokrat. Seleksi alam bekerja bagaimana akhirnya beberapa kader tumbang akibat tersangkut beberapa masalah yang harus dipertanggung jawabkan menjadi pelajaran berharga untuk tidak terulang kembali dan menjadi contoh bagi pemerintahan selanjutnya.

Dibutuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai kader yang memiliki pondasi pikir kuat sejatinya dalam aktivitas/interaksi di ruang politik praktis nasional karena scope kekuasaannya lebih luas dan besar, tidak semata atas dasar kepandaian atau kepintaran tetapi juga tuntutan moral sebagai kendali diri agar tidak terjerat pada situasi yang menyulitkan terus menerus.

Memasuki tahun 2014 partai Demokrat tidak lagi memegang pemerintahan dikarenakan masa jabatan presiden hanya dua periode, saat itu SBY menjabat sebagai presiden RI dari tahun 2004-2009 dan tahun 2009-2014. Sejak itu partai Demokrat berada di luar pemerintahan berfungsi sebagai check and balance, sebagai penyeimbang agar jalannya pemerintahan tetap stabil.

Saat ini partai Demokrat dipimpin oleh generasi muda Indonesia yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memiliki relationship luas dan baik dengan seluruh elemen bangsa lainnya, sebagai ikon pemimpin muda Indonesia. Pemimpin muda yang melambangkan kekuatan, keberanian, kepedulian, kecerdasan namun santun.

Budaya organisasi di internal partai dengan seluruh kader, simpatisan terjalin kuat dan hangat dirasakan. Seluruh pengurus adalah orang-orang yang memiliki kekuatan yang sama dalam dialog maupun berkomunikasi, walau dalam struktur kepengurusan ada hirarki kepemimpinan sesuai tingkatan berjenjang namun interaksi yang terjalin antar kader/pengurus tanpa sekat, siapapun bebas dan bisa melakukan kegiatan yang menghasilkan kemanfaatan bagi majunya partai. Tidak ada pengkotakkan yang membuat satu lebih eksklusive dari lainnya.

Namum demikian secara spesifik setiap kader memiliki tanggung jawab secara organisatoris. Dengan rutin menyampaikan laporan mingguan atau per dua minggu terhadap isu-isu terkini yang berkembang dengan solusinya menjadi komitmen perjuangan untuk memetakan persoalan bangsa yang muncul dari semua bidang.

Di ruang dan waktu ini, ketum AHY mengajarkan kepada seluruh kader bentuk disiplin dan tanggung jawab untuk terus bergerak dekat selalu dengan rakyat serta membantunya, apapun bentuk bantuannya, siapapun mereka tidak lagi melihat warna dan statusnya karena terpenting bagi perjuangan partai Demokrat adalah sisi kemanusiaannya. Seluruh kader selalu semangat menjalani kegiatannya tanpa pamrih, tidak tahu darimana spirit itu muncul namun yang dirasakan adalah hati selalu ringan dan senang. Jika tidak berbuat sesuatu yang bermanfaat rasanya seperti hampa, merasa tidak nyaman karena sudah diberi amanah oleh ketum AHY sebagai representasi kekuatan rakyat. Akhirnya terbangun spirit seolah-olah ingin selalu berlomba melakukan hal terbaik dan berprestasi.

Sejauh ini yang dirasakan sangat positif dan terbuka karakter dari kepemimpinan AHY. Pemimpin demikian adalah pemimpin panutan yang menginspirasi, pemimpin panutan yang selalu bersikap ramah, hangat dan terbuka kepada siapapun, apakah kepada para senior yang sudah berjasa bagi keberlanjutan partai Demokrat selama ini, terhadap yang sebaya dengan begitu setia menjaga kebersamaan dan kepada para junior/adik-adik semua sama, spirit kebaikan selalu menggelayuti.

Spirit partai Demokrat yang dipimpin oleh AHY saat ini telah membentuk sebuah pola baru kepemimpinan partai modern. Dalam sebuah organisasi yang terdiri dari banyak orang apalagi sebuah partai politik tentu macam pola tingkah laku/keinginan kader, semua itu dapat dilebur menyatu dengan keinginan partai menuju pada kepentingan yang lebih besar (bangsa dan negara). Sulit jika harus memaksakan kehendak sendiri dalam interaksi organisasi, karena gelombang dinamika terus tinggi.

Terpenting spirit yang dirasakan manfaatnya saat ini adalah bahwa pengalaman yang dilalui menjadi pemicu serta rambu-rambu bagaimana agar seluruh kader tetap solid, terus stabil hingga masa pertarungan untuk mengepakkan sayap masing-masing kader lebih kokoh dan luas karena setiap kader adalah pendekar.

Semoga spirit Partai Demokrat terus menyebar, dapat dirasakan rakyat kemanfaatannya. Tetap kuat, tetap solid, kebersamaan itu membanggakan.

Tidak selamanya kita sebagai pihak yang menang dan tidak selamanya sebagai pihak yang kalah. Itulah sebuah kompetisi yang terus menghadirkan pemimpin-pemimpin muda berkarakter pejuang.

Pemimpin muda adalah penggerak utama kehidupan berbangsa yang penuh keadaban sebagai ciri bangsa yang mengedepankan moral dalam setiap langkah, tindakan dan keputusannya. Sebagai pemimpin muda, AHY memiliki tanggung jawab besar untuk mengarahkan, mengendalikan dan menggerakkan kekuatan generasi muda Indonesia untuk maju.

***