Politik

Srikandi Demokrat untuk Perempuan Tangguh Indonesia

Rabu, 13 Oktober 2021, 12:33 WIB
Dibaca 139
Srikandi Demokrat untuk Perempuan Tangguh Indonesia
Annisa Pohan (Foto: kompas.com)

Srikandi Demokrat... siapa sih mereka, apa yang mereka kerjakan dan apa yang membuat banyak perempuan harus melirik Srikandi Demokrat?

Srikandi Demokrat adalah perempuan-perempuan kuat nan tangguh yang berasal dari kader, pengurus dan simpatisan partai Demokrat di kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Bersatu bernaung dalam wadah yang berorientasi pada kepedulian sosial untuk membangun motivasi diri bagi sesama kaum perempuan.

Salah satu bentuk kepedulian dengan memberikan berbagai bantuan di masa pandemi wabah hampir dua tahun ini seperti kebutuhan pokok, perlengkapan kesehatan untuk menghindari terinfeksi virus Covid-19. Menjadi perhatian utama Srikandi Demokrat adalah bagaimana membentuk kualitas kaum perempuan untuk bisa maju dan mampu mengembangkan diri agar berdaya guna.

Apalagi selama ini dirasakan dan dipahami perempuan identik sebagai makhluk lemah dan hanya sebagai pelengkap dalam keluarga, padahal peran perempuan baik dalam keluarga maupun lingkungan sosial sangat besar dan dibutuhkan untuk dapat memberi warna cerah yang menginspirasi perempuan lainnya agar dapat berbenah diri maka kehidupan sosial semakin tercerahkan.

Seiring berkembangnya kehidupan yang semakin modern di era demokrasi dan digital, peluang ini harus dimanfaatkan agar kaum perempuan memiliki kemampuan lebih di luar diri yang selama ini hanya berkutat di area internal rumah tangga (dapur, sumur, kasur).

Untuk itu Srikandi Demokrat hadir sebagai martir/jihad, penyeimbang dalam ruang sosial agar perempuan dapat maju seperti kaum pria namun tetap menghormati pria sebagai partner yang juga memiliki hak azasi sama sebagai manusia untuk mengeksplorasi kemampuan dan mengekspresikan keinginan terdalam dari diri yang selama ini terpendam.

Kehadiran Srikandi Demokrat dalam membangkitkan keinginan terdalam tersebut agar kaum Hawa menjadi pribadi-pribadi handal mampu menghadapi lingkungan yang sangat dinamis. Perempuan yang memiliki peran ganda selain sebagai ibu yang mengurus anak-anak agar tetap terawat baik selama tumbuh kembangnya juga sebagai istri yang harus mengurus suami sebagai kepala keluarga pencari nafkah (24 jam) juga harus memperhatikan diri sendiri.

Inisiatif Srikandi Demokrat yang digaungkan oleh Annisa Pohan Yudhoyono sebagai Srikandi Demokrat pusat hadir dalam bentuk edukasi yang dikemas menjadi web seminar (webinar) dengan mengangkat tema daya tahan dan daya saing perempuan di masa pandemi yang dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021 lalu dengan diikuti peserta secara offline dan online mencapai 1000 orang lebih.

Bahkan peserta yang mendaftar mencapai 2400 an orang, ini menjadi motivasi kuat Srikandi Demokrat untuk terus berbagi.

Harapannya semakin banyak kaum perempuan sadar bahwa untuk menyayangi diri sendiri tidak semata sebagai penikmat hidup tetapi terpenting menambah wawasan lebih luas agar tahu lebih banyak dan paham dengan apa yang disukai dan dapat dikembangkan menjadi karya yang bermanfaat dan bisa menghasilkan sumber ekonomi baru bagi keluarga, inilah sejatinya bentuk sayang pada diri yang sangat nyata. Kepuasan tersendiri karena telah sampai pada kebutuhan aktualisasi diri sebagai prestasi dan eksistensi yang membanggakan serta menambah keyakinan dan rasa percaya diri penuh.

Jika perempuan berhasil sukses dan bahagia maka keluarga secara keseluruhan juga turut bahagia.
Ini sebagai poin penting Srikandi Demokrat dalam mendukung pembangunan nasional, dengan terus mengedukasi kaum perempuan agar menjadi lebih mandiri karena memiliki peran tanggung jawab besar juga dalam memajukan kehidupan nasional.

Perempuan tidak boleh lemah dan kalah menghadapi masalah, justru dengan kelembutannya mampu menyelesaikan banyak hal (ulet) sehingga kehidupan menjadi lebih ringan, berkualitas baik dan tercipta ketenangan hati serta kebahagiaan yang terpancar pada wajah setiap perempuan. Itulah kecantikan sebenarnya, sebagai tanda perempuan menyayangi diri sendiri. Pada akhirnya tampil sebagai manusia sejati sebagaimana juga kaum pria.
Kualitas demikian sangat bernilai bagi diri maupun lingkungan dan dirasakan kegembiraan tersebut di ruang publik/sosial.

Srikandi Demokrat terus berkomitmen membangun negeri, terus peduli membantu siapapun kaum perempuan Indonesia untuk maju dan lebih sejahtera.

***