Politik

20 Tahun Partai Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat

Kamis, 9 September 2021, 08:13 WIB
Dibaca 250
20 Tahun Partai Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat
Partai Demokrat (Foto: dok. Pribadi)

Partai Demokrat yang didirikan pada tanggal 9 September 2001 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini 9 September 2021 genap berusia dua puluh tahun, usia yang cukup matang dalam membentuk karakter juang terus mengabdi untuk rakyat. Sebagai salah satu partai besar nasional, sejak didirikan hingga hari ini telah menghadapi berbagai dinamika yang tinggi. Namun semua itu dapat dilewati karena soliditas seluruh kader yang menyatu di bawah ketokohan SBY sebagai penggagas partai Demokrat.

Saat itu partai Demokrat didirikan untuk mengusung pencalonan SBY menjadi presiden Republik Indonesia yang dipilih pertama secara demokratis dan memilih untuk diusung oleh partai Demokrat.

Selama dua puluh tahun itulah kerja-kerja politik dilakukan untuk menggerakkan mesin partai sebagai kekuatan dalam perjuangan mengawal Indonesia agar terus berada pada arah yang benar dan tetap di jalurnya. Setelah SBY tidak lagi sebagai presiden, partai Demokrat mengalami penurunan jumlah suara di DPR, sejak tahun 2014 hingga di periode 2019.

Maka untuk mendongkrak suara partai Demokrat kembali jaya disepakati untuk menghadirkan pemimpin muda dengan latar belakang militer akademisi yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketua umum partai Demokrat periode 2020 hingga 2025 yang terpilih secara aklamasi. Ternyata kepemimpinan AHY mampu menggerakkan mesin partai, selain muda dan berkarakter kokoh sebagai pejuang juga karakter kepemimpinan yang kuat dengan didukung oleh kader-kader potensial dalam kepengurusan partai. Selain itu terpenting, AHY mampu menyatukan keberagaman sebagai simbol pemersatu kader, sebab sulit menjalankan kerja partai jika tidak ada tokoh pemersatu walau sangat banyak kader Demokrat yang memiliki kualitas-kualitas unggul di bidangnya masing-masing. Tapi konteks kerja partai tidak cukup jika hanya bersandar pada hal itu. Kelebihan mempersatukan kader adalah kunci partai politik (Parpol) sukses karena solid dapat bergerak kompak. Banyak yang belum memahami hal ini termasuk kader yang terang-terangan tidak sejalan dengan kepemimpinan AHY yang melakukan cara-cara tidak simpati di ruang demokrasi. Bagaimanapun ini adalah realita bahwa partai Demokrat identik dengan SBY maupun AHY, belum tentu jika partai dijalankan oleh kepemimpinan lain bisa stabil seperti ini. Terbukti pernah diberikan secara terbuka kepemimpinan partai Demokrat kepada kader yang dianggap mumpuni tapi sayang dalam kenyataannya tidak berhasil, karena memang sangat dinamis yang dihadapi. Konteks politik nasional masih sangat membutuhkan ketokohan seseorang yang menjadi panutan dalan menjalani kehidupan politik. Tidak bisa dinafikan bahwa ruh itu ada di keluarga yudhoyono, selama tidak ada aturan UU yang ditabrak mengingat setiap warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memenuhi syarat dapat dipilih dan memilih dalam politik demokrasi. Sah dalam menjalankan seluruh aktivitas politik dimanapun posisinya, apalagi jika arah perjuangannya sangat jelas dan dirasakan rakyat manfaatnya. Itu artinya partai Demokrat telah berhasil melakukan pengkaderan dengan baik, belum tentu keberhasilan pengkaderan seperti ini terjadi pada partai-partai lainnya.

Salah satu kerja partai yang nyata dilakukan adalah instruksi AHY kepada seluruh kader di tanah air untuk membantu rakyat selama masa pandemi satu setengah tahun ini. Tidak pernah berhenti membantu rakyat yang mengalami kesulitan hidup akibat wabah virus C19 yang sangat mengganggu. Tidak pernah berhitung jika didasari rasa kemanusiaan bahkan dengan upaya maksimal dilakukan hingga mengeluarkan dana sangat besar sejatinya hal ini sudah mengurangi beban kerja pemerintah, sudah terbantu sebagian rakyat walau partai Demokrat berada di luar koalisi kekuasaan pemerintahan. Cukup banyak rintangan dan gangguan yang dihadapi dalam membantu rakyat karena harus menghindari terinfeksi virus namun spirit kader hanya berfokus pada upaya meringankan beban rakyat yang sedang mengalami kesulitan.

Saat ini dalam rangka dua dekade partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat, partai Demokrat mengadakan bulan bakti selama sebulan penuh. Seluruh kepengurusan dari pusat hingga DPD dan DPC melakukan aksi nyata berupa pemberian bantuan serta mengadakan perlombaan untuk menjaga semangat masyarakat yang sudah jenuh dengan keadaan yang belum sepenuhnya terbebas dari wabah. Dengan begitu dapat membantu membangkitkan semangat optimisme bagi masyarakat agar dapat menjalani kehidupan dengan kuat dan sabar.
Dengan mengikuti lomba menyanyi, menulis, karikatur, melukis dan seterusnya yang dimaksudkan agar masyarakat dapat berkreativitas tentu dengan kedepankan disiplin protokol kesehatan (Prokes) 5 M.

Di samping itu juga Srikandi Demokrat tidak ketinggalan mengambil peran untuk mengedukasi kaum perempuan di masa pandemi yang memiliki peran ganda sebagai ibu juga wanita karir. Bagaimana agar perempuan bisa bertahan dan berdaya guna dalam perjuangannya menghadapi situasi yang berat ini, dengan mengadakan web seminar (webinar) yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021 mendatang dengan tema yang menantang yaitu bagaimana meningkatkan daya tahan dan daya saing perempuan di masa pandemi. Semoga perempuan Indonesia dimana pun berada dapat mengikuti acara ini untuk menguatkan semangat yang berdampak pada kesehatan mentalnya.

Dua puluh tahun partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat sebagai urat nadi perjuangan selama ini, tidak pernah lemah hanya karena dinamika. Semakin handal dan matang dengan semua dinamika yang dilalui, terus bekerja dengan tulus di alur yang lurus dan dapat dipertanggung jawabkan, semoga kerja-kerja ini semua mendapatkan keridhoannya, Indonesia semakin sukses bersama partai Demokrat.

Selamat ulang tahun guru kami, Yth SBY. Dirgahayu partai Demokrat ke 20, JAYALAHHH...

Tags : politik