Literasi

Endorse Dapat Meningkatkan Ekonomi Nasional

Kamis, 18 November 2021, 14:11 WIB
Dibaca 81
Endorse Dapat Meningkatkan Ekonomi Nasional
Ilustrasi data ekonomi (Foto: beritalima.com)

Di era persaingan global saat ini, tidak ada negara di manapun di dunia yang tidak berorientasi pada keberhasilan ekonomi untuk mendukung kualitas hidup rakyat dan negaranya maju dan sejahtera. Demikian juga Indonesia, yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia tentu sangat membutuhkan sumber ekonomi lebih banyak yang tentunya membutuhkan effort besar, dari jumlah penduduk yang besar tersebut dapat digali sumber ekonomi baru.

Sejatinya di era digital seperti sekarang bisa menjadi peluang baik bagi terdukungnya iklim ekonomi yang kuat, cara yang dilakukan juga sederhana dan praktis, salah satunya dengan memanfaatkan popularitas dari para tokoh yang memiliki pengaruh positif bagi kehidupan sosial, apapun bidang profesinya untuk memasarkan atau mengiklankan sebuah produk agar mudah dikenali dan memunculkan minat besar bagi masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan tersebut karena dampak positif dari sang tokoh maupun selebriti, itulah yang disebut dengan endorse.

Endorse adalah bentuk iklan atau promosi yang menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat dan sebagainya dari banyak orang (Surat Kabar The Economic).

Itu juga yang terjadi di tanah air, banyak tokoh dan selebriti telah menjalankan profesi ini, selain tidak memberatkan karena produk yang dipromosikan langsung dipakai oleh para tokoh di acara-acara yang tentunya selalu menjadi pusat perhatian dan dipublish oleh media publik.

Biasanya produk yang diendorse menjadi milik sendiri atau ada komitmen dalam bentuk lain. Alangkah beruntungnya tokoh dan selebriti yang mendapatkan kepercayaan dalam mengiklankan produk-produk tersebut, begitu pula keberuntungan bagi para produsen karena produk mereka terpasarkan dengan baik dan tepat sasaran dengan harapan menarik minat besar dari para pembeli. Bentuk produk yang dipromosikan tentu sangat beragam mulai dari produk dalam negeri hingga produk dari brand besar dunia, sebagai kebutuhan dasar maupun kebutuhan artifisial tetapi semua itu berujung pada terciptanya sumber ekonomi yang dibutuhkan untuk meningkatkan taraf hidup.

Namun seringkali akibat ketidak pahaman publik menganggap sang tokoh maupun selebriti hidup glamor dengan barang-barang branded yang sering digunakan, tapi saat menggunakan barang yang tidak branded publik tidak hapal yang berarti sebenarnya fokus masyarakat juga hanya berputar pada produk-produk super mahal untuk ukuran Indonesia seperti jam tangan, sepatu, tas, aksesoris, kacamata, sabuk, menganggap sang tokoh hanya cinta pada produk dari luar negeri, padahal sering juga menggunakan produk lokal tapi masyarakat tidak menyadarinya

Sebenarnya jika dihitung dari nilai nominal yang diterima oleh para tokoh sebagai endorse dibanding hasil penjualan dampak dari promosi yang dilakukan para tokoh dan selebriti, bisa jadi jumlahnya sangat kecil dalam arti keuntungan yang diperoleh oleh produsen sangat besar.

Hal-hal seperti ini jika terus didukung, akan membangkitkan sumber ekonomi lebih luas, jika ekonomi nasional terdongkrak maka kesejahteraan hidup masyarakat meningkat, masyarakat juga menjadi terinspirasi untuk kreatif, dapat menghasilkan produk-produk baru yang menarik dan dibutuhkan untuk dipasarkan.

Bangsa bijak adalah bangsa yang mampu mendayagunakan peluang, selain produk semakin dikenal dan disukai, ekonomi pun berputar, kondisi ini dibutuhkan negara dalam memajukan ekonomi nasional.

Oleh karena itu terbaik, mari mulai menjaga pikir otomatis terbentuk kesehatan fisik dan jiwa untuk berprestasi sebagai modal dasar menjadi pusat perhatian publik dan dipercaya untuk mengiklankan atau mempromosikan produk-produk yang akan dipasarkan dalam bentuk endorse.

Pola ini sangat menguntungkan selain ekonomi didapat juga sehat, cantik, menarik, populer itulah pribadi cerdas. Bagi wanita Indonesia khususnya yang sudah terbiasa mendapatkan kepercayaan untuk mengendorse banyak produk, tidak perlu ragu untuk menggunakan produk yang sudah dimiliki baik produk kelas internasional maupun nasional, jangan sampai barang yang ada akhirnya rusak dan mubazir akibat tidak digunakan karena takut dinilai publik.

Dengan begitu kehidupan nasional lebih bergairah dan ekonomi terus tumbuh, akhirnya keberhasilan ekonomi yang menjadi tumpuan harapan dapat tercapai. Jadi, jika melihat di tayangan media massa para tokoh selebriti berpenampilan optimal, bukan karena gaya hidup hedonis tapi karena ada kreatifitas di sana.

Mari menjadi pribadi bernilai, dengan pikir dan sikap positif memberi manfaat bagi diri sendiri juga lingkungan lebih berkualitas penuh rasa senang dan bahagia.

***