Filosofi

Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik

Senin, 11 Oktober 2021, 12:14 WIB
Dibaca 92
Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik
Ilustrasi Dunia yang lebih baik (Foto: liputan6.com)

Jika sadar bahwa manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang ada di bumi, maka manusia memiliki tanggung jawab terbesar untuk menyelaraskan kehidupan seluruh makhluk agar dapat hidup berimbang dalam harmoni mewujudkan kedamaian bagi semesta alam.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian penting di antaranya adalah kewajiban manusia untuk membangun kehidupan manusia khususnya yang lebih damai dan bahagia agar tercipta kualitas sumber daya manusia yang semakin humanis bahwa rasa dan nilai kemanusiaan di atas segalanya dalam kehidupan umat manusia.

Bukan semata untuk tujuan saat ini, hari ini tetapi untuk tujuan ke depan dalam jangka sangat panjang, berkelanjutan. Agar anak cucu manusia dapat hidup di ruang yang lebih sehat dan menyenangkan.

Bagi siapapun mereka yang aktif dalam berkarya berkreatifitas agar diberikan ruang yang terbuka untuk menghasilkan inovasi yang memudahkan kehidupan manusia dalam menjalani dinamika.

Bagi mereka yang memilih sebagai penikmat hidup sejauh tidak melakukan tindakkan kriminal yang mengganggu dan merugikan orang lain serta ketertiban umum, harus dijaga dan dilindungi.

Jika seluruh umat manusia sepakat menjalankan pola hidup demikian maka akan terbangun ruang hidup yang lebih aman bagi setiap individu. Tidak ada tujuan lain dari kehidupan manusia di dunia selain untuk berbahagia dalam setiap aktivitasnya.

Terpenting dari semua itu, jika ternyata alam memiliki polanya sendiri dan manusia tidak pernah tahu dapat dilahirkan kembali ke dunia dengan suasana kehidupan yang lain dari kematiannya (Reinkarnasi) maka masih dapat hidup di bumi yang lebih aman dan tenang bagi kehidupan yang baru tersebut. Bagaimana jika sebaliknya?

Oleh karena itu pentingnya setiap kita memiliki cara berpikir yang lebih luas untuk mengetahui makna besar yang tersembunyi dari kehidupan ini agar mampu menciptakan lingkungan hidup lebih terjamin baik dari semua sisi, saat tercipta kembali sebagai manusia di suasana lain menjadi pribadi yang berbeda, manusia tetap berada di lingkungan yang baik, jauh dari hal-hal yang menakutkan dan mencemaskan, juga dari sikap keras yang berasal dari manusia itu sendiri.

Mari setiap pribadi sebagai manusia di dunia, mulai saat ini mau mengubah pola pikir lebih humanis agar saat terjadi reinkarnasi, sudah berada di lingkungan kehidupan yang lebih aman dan nyaman (terjamin).

Secara pribadi tidak tahu perubahan apa yang kan terjadi pada semesta, terkait kualitas kehidupan manusia terbaik utamakan kendali diri agar hidup lebih teratur dan bertanggung jawab menghadirkan suasana yang selalu hangat antar sesama manusia.

Jika pun reinkarnasi tidak terjadi, setidaknya manusia sudah dapat hidup dengan penuh makna di kehidupan yang sekali ini dan telah mendapatkan kebahagiaan yang menjadi kodratnya untuk menikmati.

Tulisan ini sebagai renungan, terus berpikir sejatinya kehidupan manusia harus lebih indah mengingat manusia sebagai makhluk yang beraqal pikir. Mari setiap diri untuk menghargai setiap pribadi yang berbeda sebagai tanda bahwa manusia adalah makhluk paling istimewa di muka bumi sebagai yang paling bertanggung jawab mewujudkan kehidupan lebih ramah bagi manusia itu sendiri.

***