Ekonomi

Saatnya Generasi Muda Indonesia Giat Eksplorasi ke Negara Lain

Selasa, 9 November 2021, 06:38 WIB
Dibaca 129
Saatnya Generasi Muda Indonesia Giat Eksplorasi ke Negara Lain
Pertukaran pelajar (Foto: grid.id)

Untuk mengetahui dan menemukan banyak hal yang tidak ada di negara sendiri, maka giat berpetualang ke negara lain memberikan pengalaman dan sensasi luar biasa menggairahkan.

Tidak menyia-nyiakan waktu, kesempatan, kesehatan dan kemampuan yang ada pada diri dengan melakukan kegiatan yang menantang maka hasil yang dirasakan sangat menyenangkan. Bukan semata tentang keindahannya tetapi terpenting mengetahui bagaimana kebudayaan, pola dan gaya hidup masyarakat perkotaan dan di pedesaan, alamnya, iklimnya, bahasanya dan dapat berinteraksi secara alamiah dengan penduduk setempat. Semua ini adalah sumber yang memperkaya wawasan pikir untuk menghadirkan ide, gagasan luar biasa yang dapat dikembangkan kemudian.

Kreativitas berasal dari ide yang dilihat dan ditemukan di banyak tempat di negara lain. Di negara sendiri tentu banyak hal yang juga bisa dikembangkan menjadi kreatifitas, tapi biar itu dieksplorasi oleh sesama anak bangsa lainnya yang kemungkinan kecil berkesempatan ke luar negeri.

Jika melihat dari tiga puluh tahun ke belakang, kebanyakan kita mendengar cerita orang-orang yang baru pulang dari luar negeri hanya mengenai keindahan alam dan kemajuan negara yang dikunjungi sehingga dalam benak kita terekam bahwa negara lain lebih indah dan maju dari Indonesia. Namun di era digital seperti sekarang sudah sangat mudah menelusuri negara-negara di dunia lewat google. Sangat lengkap, informasi yang dibutuhkan tentang apa saja tersedia di sana.

Hanya memang sebagai manusia yang memiliki insting, tentunya tertarik untuk bisa mengunjungi negara yang diinginkan untuk mengetahui bagaimana rasanya berada di negara tersebut. Bisa melakukan komunikasi secara terbuka dengan masyarakat negara yang dituju, akan menambah informasi yang diinginkan.

Pengalaman Ini tentu sangat berharga, tahu seluk beluk ataupun ciri khas dari setiap negara yang dikunjungi.

Bercermin dari pengalaman pribadi berkunjung ke beberapa negara beberapa waktu dulu, dengan mengatur sendiri penerbangan dan rute perjalanan yang diinginkan. Upayakan selama berada di negara yang dikunjungi untuk memilih penginapan sederhana agar bisa membaur dengan masyarakat setempat, selalu menggunakan sarana transportasi umum agar bisa merasakan atmosfir dan melihat kehidupan nyata mereka (tentu berbeda dengan di Indonesia).

Dengan begitu, selain dapat berhemat juga lebih longgar untuk menentukan tujuan selanjutnya dan lebih menantang. Lebih mudah juga mendokumentasikan setiap aktivitas dan menulisnya sebagai catatan agar tidak terlupakan. Dari catatan itulah ditemukan hal menarik yang dapat dikembangkan di dalam negeri.

Atau sebaliknya, dari Indonesia kita sudah merencanakan membawa hal yang menjadi pilihan untuk dikembangkan di negara lain dengan melihat potensi di negara tersebut. Apakah produk kerajinan khas Indonesia, pakaian khas tradisional, atau kuliner khas nusantara yang kaya rempah. Ini sebagai passion yang dapat dijalani dengan seru dan menyenangkan khususnya bagi yang menyukai giat eksplorasi.

Walau sebagai warga negara Indonesia (WNI) tetapi tidak menghalangi untuk bisa berkreatifitas di negara lain yang mampu menembus batas negara, budaya, agama. Selain kesenangan yang didapat juga keuntungan ekonomi, semakin pintar dan bijak serta tangguh dalam menjalani kehidupan. Ini juga sebagai dasar bagaimana setiap WNI bisa hidup mandiri dimana pun berada agar terus meningkat kualitas hidupnya.

Bertualang ke negara manapun yang disukai namun tidak melupakan Indonesia sebagai tempat kelahirannya, dalam arti terus turut serta memajukan Indonesia menjadi bagian negara di dunia yang juga sejahtera dan makmur. Setiap individu memiliki kesempatan sama untuk mengeksplorasi hal yang diminati. Dalam hal ini pemerintah harus peduli dengan membukakan akses seluas-luasnya bagi WNI yang menyukai giat eksplorasi ke luar negeri dengan cara terus memantau keberadaan mereka saat berada di negara lain. Melalui kedutaan besar Indonesia di negara sahabat di seluruh dunia untuk siap membantu generasi muda Indonesia dalam mengembangkan dirinya.

Begitu penting hal tersebut dilakukan demi majunya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia agar tidak semata berebut kesempatan di dalam negeri yang kesempatan itu pun sangat terbatas.

Yakin jika hal ini diseriusi, akan memberi dampak positif bagi kualitas generasi muda bangsa yang akan mengisi kehidupan berbangsa selanjutnya. Mereka harus menjadi bagian dari masyarakat dunia dan sebagai masyarakat Internasional.
Satu pesan penting sebagai pegangan, dimana pun berada jaga sikap dan perilaku dengan baik, apakah ucapan maupun tindakan. Hormati penduduk di setiap negara yang dikunjungi, ikuti aturan dengan tertib tidak melakukan perbuatan kriminal. Sebagai WNI tunjukkan adat ketimuran yang kental dengan nilai spiritual, maka tidak ada kesulitan berarti yang dihadapi selama melakukan perjalanan yang menatang dan menyenangkan ini. Pun jika akhirnya harus berhadapan dengan masalah, anggap sebagai tantangan, hadapi dengan tenang, jika masih sulit opsi terakhir meminta bantuan ke kedutaan besar Republik Indonesia (RI) di negara tersebut.

Alangkah indah hidup demikian, yang berarti setiap WNI memiliki "kebebasan" untuk memajukan diri sendiri. Indonesia bisa, generasi muda Indonesia luar biasa, Indonesia bahagia.

***

Tags : ekonomi