Budaya

Sukses PON XX Papua, sukses untuk Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021, 18:25 WIB
Dibaca 101
Sukses PON XX Papua, sukses untuk Indonesia
PON XX Papua (Foto: ayoindonesia.com)

Bersyukur mendapat kesempatan mengikuti acara pembukaan PON XX di Papua. Merupakan pengalaman pertama kali terbang ke Papua yang selama ini hanya mendengar namanya saja. Papua yang memiliki alam luas dan pegunungan nan indah tentu memberi kesenangan tersendiri apalagi saya sebagai Doktor lingkungan sangat mencintai kelestarian alam dan biodiversity.

Rasa senang dan bahagia berpadu satu dengan mengikuti pembukaan PON yang dibuka oleh Presiden RI Bapak Jokowi.

Pekan Olahraga Nasional XX disingkat PON XX atau PON Papua 2021 adalah ajang Olahraga Nasional atau Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Papua pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan edisi ini baik upacara pembukaan maupun penutupan. Ajang ini semula akan diadakan pada tahun 2020, tetapi ditunda ke tahun 2021 sehubungan dengan pandemi Covid-19. PON XX kali ini menjadi yang pertama kalinya diselenggarakan di Papua sepanjang sejarah (Wikipedia).

Dengan slogan sebagai penyemangat khas Papua yaitu Torang bisa yang bermakna kita bisa. Satu-satunya PON yang melakukan kirab obor di danau sepanjang 20 km. Harapannya dengan terlaksananya PON XX di Papua dapat mengangkat ekonomi dan semangat masyarakat Papua yang sangat kaya etnik budaya agar lebih dikenal di tanah air mengingat Indonesia sangat luas. Bahkan masyarakat Indonesia di wilayah lain terkhusus wilayah Indonesia bagian Barat masih banyak yang belum mengenal Papua sebagai provinsi yang besar dan kaya akan sumber daya alamnya.

Momen PON XX Papua harus menjadi titik kebangkitan untuk menggaungkan nama Papua yang eksotik di level nasional maupun internasional. Apalagi stadion yang didirikan dengan nama Lukas Enembe yang juga adalah nama gubernur Papua merupakan stadion terbesar se Asia Pasifik, harus menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua khususnya dan Indonesia di wilayah bagian Timur pada umumnya. Spirit olahraga yang mampu membangun kekuatan untuk menumbuhkan hubungan erat dan hangat antar sesama masyarakat Indonesia untuk masa yang panjang.

Semoga kehadiran stadion yang memukau ini dapat memberi efek pengganda (multiflier effect) positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Papua apakah berdampak ekonomi baik maupun kualitas sumber daya manusia untuk lebih mencintai tanah kelahirannya yang memiliki budaya unik dan kaya yang ada di tanah Papua.

Perjalanan yang sangat berharga bagi saya dapat melihat langsung kehidupan masyarakat Papua yang sebenarnya sudah menuju ke arah kehidupan modern, semoga pembangunan di Papua dapat terus berkelanjutan, terjaga keamanannya dari pengaruh kepentingan negara asing, terjaga kelestarian alamnya, khas etnik budaya milik dunia yang hanya ada di alam Papua harus terjaga baik agar tidak luntur walaupun kehidupan terus berkembang semakin modern.

Ilove Papua, Ilove Indonesia.

***

Tags : budaya