Budaya

Mencintai Indonesia

Sabtu, 20 November 2021, 20:11 WIB
Dibaca 104
Mencintai Indonesia
Mencintai Indonesia (Foto: Kodam XVI Pattimura)

Indonesia yang memiliki geografi besar dan kekayaan alam yang luar biasa menjadikan seluruh anak bangsanya menjadi orang-orang baik yang berbahagia. Orang baik tidak memerlukan hukum karena tidak ada lagi kekerasan dan kemarahan sejatinya, telah terbentuk kesadaran tinggi untuk sepakat hidup dalam ruang bersama yang lebih damai di alam tropis dan penuh keadaban.

Indonesia yang warga bangsanya memiliki pikir dan nurani baik tersebut tentu baik pula dalam interaksi di ruang sosial, saling menghargai dan menghormati perbedaan pandang, etnik, budaya, ras, agama yang spiritnya mengarah pada tujuan hidup lebih tenang dan damai di negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dinamika kehidupan yang dilalui menjadi pengingat untuk terus menjadi warga bangsa yang baik dan lebih baik lagi agar semakin menguatkan hubungan antar sesama anak bangsa, karena jika bukan oleh kita sendiri sebagai bangsa Indonesia, lalu siapa? Bangsa Indonesia hari ini adalah bangsa yang sangat mencintai tanah airnya, walau setiap anak bangsa memiliki keinginan dan cita-cita namun dalam koridor hukum dan bertanggung jawab dengan tidak menyakiti atau merugikan saudara sebangsa lainnya.

Pola yang demikian membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa bijak dan pandai mensyukuri anugerah yang dapat diolah untuk didaya gunakan, dengan demikian kekayaan itu bermanfaat untuk mendukung kualitas kehidupan bangsa Indonesia yang berpegang pada prinsip menyesal kemudian tiada berguna.

Yang paling utama dalam proses penyelenggaraan/ pengelolaan pemerintahan sebagai jantungnya kehidupan bernegara adalah bagaimana ruang birokrasi dapat diatur sedemikian rupa dengan aturan yang lebih sederhana sehingga memudahkan dan dapat menyelesaikan pekerjaan yang diamanahkan untuk melayani masyarakat lebih cepat sehingga menghadirkan kepuasan. Setiap individu sebagai abdi negara dapat menjalankan tugas dengan komitmen jujur dan terbuka, maka kinerja yang dijalankan dengan semangat positif akan lebih adil dan efektif dirasakan. Antar sesama mereka juga dapat saling menghormati dan menjaga ruang privacy masing-masing apapun posisi, level dan kepangkatannya karena sudah saling percaya.

Situasi ini mendukung setiap personal terbuka peluangnya untuk berinovasi dan produktif.

Fungsi negara ditujukan untuk menjaga dan melindungi seluruh anak bangsa dari segala rintangan, gangguan, ancaman dan hambatan. Ini tercermin dari birokrasi yang ramah dan menjamin seluruh amanah yang dititipkan tetap terjaga baik apalagi dalam situasi pandemi wabah seperti saat ini, harus semakin terbuka aksesnya. Masyarakat Indonesia yang sangat kental nuansa religinya dapat dijadikan dasar untuk menghadirkan sikap yakin dan kuat dalam menciptakan ruang kehidupan berbangsa yang semakin tertata apik.

Sebagai makhluk yang berakal pikir harus bisa menggunakan akal pikirnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab. Jika situasi nasional semakin kondusif tiada lagi hal-hal yang menakutkan atau mencemaskan bagi warga bangsanya, karena sudah terkendali dan terjamin baik otomatis stabilitas negara semakin kokoh.

Salah satu ciri lainnya adalah dengan menjalankan sikap hidup hemat serta rajin menabung, sebagai prinsip baik untuk menyelamatkan diri yang sudah dipersiapkan oleh setiap individu untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang terjadi di masa depan sehingga tidak selalu bergantung pada hal di luar dirinya.

Keberhasilan kita ditentukan oleh pikiran kita, oleh karena itu membangun pola pikir positif sangat penting, karena akan memunculkan ucapan dan tindakan yang positif juga. Dengan tidak menghabiskan energi sia-sia namun bisa menikmati kehidupan lebih tenang dan bahagia.

Sadar sebagai bangsa Indonesia, keharusan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara benar bagi setiap pribadi maka saat berada di ruang politik patuh pada aturan sistem politik demokrasi yang berlaku dengan saling menghargai perbedaan pendapat, di bidang ekonomi setiap individu menjadi lebih kreatif menghasilkan inovasi (nilai ekonomis), dalam ruang sosial budaya setiap individu taat pada aturan yang berlaku agar tercipta lingkungan yang tertib, sejatinya aturan agama dan aturan negara saling beriring dan melengkapi, sebagai masyarakat sipil memberikan dukungan kepada TNI Polri dengan cara hidup lebih tertib dan disiplin.

Akhirnya terefleksikan dengan baik bentuk nyata dalam mencintai Indonesia yang mewujudkan kehidupan berbangsa dengan nilai keberadaban yang tinggi.

***